Tentang Pantai Ora dan Hal-hal Seru yang Bisa Kamu Lakukan

Semua pasti setuju bahwa Indonesia memiliki pesona wisata yang luar biasa indahnya. Dari Sabang sampai Merauke, akan ada banyak spot ciamik nan cantik yang bisa kamu jumpai dan tentunya bisa kamu jadikan tempat untuk menenangkan diri.

Ya, keindahan alam Indonesia memang sudah populer ke seluruh penjuru dunia, bahkan dua diantaranya masuk dalam keajabian dunia yaitu Candi Borobudur dan Pulau Komodo. Dan masih banyak lagi keindahan-keindahan alam wisata Indonesia lainnya yang mendunia yang rasanya tak akan cukup bila diulas satu-satu dalam artikel ini.

Oke, kita tinggalkan dulu Candi Borobudur dan Pulau Komodo, karena dituilsan ini bukan dua tempat eksotis tersebut yang akan kita ulas keindahannya. Lalu, tempat cantik seperti apa yang kita bahas keindahannya? Sabar, jangan terburu-buru. Kita basa-basi dulu sebentar lah ya, sebentar saja kok, tidak lama. Kan katanya sesuatu yang dilakukan terburu-buru itu kurang baik. Hehe..

Jadi, begini, Indonesia memang sudah dikenal sebagai negara kepulauan, tak heran bila tanah air kita ini dianugerahi banyak sekali spot-spot yang indah, spot pantai salah satunya. Banyak daerah yang memiliki gugusan pantai dengan karakter berbeda-beda, seperti pantai berpasir coklat, pantai berpasir putih, pantai dengan air laut berwarna biru, pantai dengan air laut berwarna hijau tosca, ada pantai dengan ombak besar yang cocok buat surfing dan ada juga pantai dengan ombak yang tenang, ada pantai yang asik buat snorkeling dengan keindahan bawah lautnya yang begitu memesona, dan karekter-karakter lainnya yang membuat pantai-pantai di Indonesia memiliki ciri khasnya masing-masing. Ya, masing-masing pantai di Indonesia memiliki daya tarik tersendiri untuk bisa memikat para penjelajah nusantara bahkan dunia.

Pantai Ora yang begitu romantasi

Nah, dari sekian banyak pantai cantik di indonesia, Pantai Ora menjadi salah satu surga Indonesia yang wajib dimasukan ke dalam jejeran pantai cantik tingkat dunia. Pantai Ora ini terletak di sebelah utara Pulau Seram, Kab. Maluku Tengah, Prov. Maluku. Keberadaan Pantai Ora menjadi bukti bahwa Provinsi Maluku juga memiliki pantai ciamik nan eksotis yang layak disejajarkan dengan pantai-pantai kelas dunia.

Pantai yang disebut sebagai Maldevis-nya Maluku Indonesia ini cocok sekali buat para pasangan pengantin baru yang ingin bermulan madu. Ya, seperti pantai Maldevis, pantai Ora ini pun menyuguhkan suasana romantis nan syahdu, membuat para pasangan pengantin baru betah berlama-lama untuk berbulan madu.

Fasilitas yang bisa kamu nikmati di Pantai Ora

Beberapa fasilitas yang bisa kamu nikmati di Pantai Ora salah satunya adalah penginapan dengan bentuk yang unik. Kok bisa disebut unik? Sebab penginapan-penginapan di sini berbentuk panggung dan uniknya lagi semuanya mengapung di atas laut. Unik, kan? Bukan cuma itu, di sini kamu juga akan dimanjakan dengan pesona bawah laut yang bisa kamu nikmati dengan mata telanjang, karena karakter air di pantai Ora ini memang jernih sekali. Terumbu karang, ikan-ikan lucu yang berenang kesana-kemari dan beberapa biota lautnya lainnya bisa kamu pandangi sampai puas di disini. Berada disini tak ada bosannya dan benar-benar membahagiakan sekali.

Akomodasi di Pantai Ora gimana nih?

Ora Beach Resort menjadi satu-satunya resort yang ada di Pantai Ora. Setidaknya ada enam buah cottage terbuat dari kayu dengan atap jerami di Ora Beach Resort ini. Lokasinya yang tersembunyi dan jauh dari suasana perkotaan membuat Ora Beach Resort sangat cocok untuk dijadikan tempat menenangkan dan merelaksasikan diri. Saat malam tiba, kamu akan disugugi pemandangan langit yang sungguh efic semacam melihat samudera kunang-kunang di hamparan langit lepas, ditambah lagi suara debur ombak yang menjadi backsound-nya. Uhhh, romantisnya. Saat pagi tiba, kamu juga akan disuguhi hawa yang sangat segar dan panorama semburat warna langit mereh keemasan efek dari sinar matahari pagi yang akan keluar dari persembunyian. Aihh, seolah menambah keromantisan tempat yang satu ini.

Untuk kamu atau para pasangan pengantin baru yang akan bermalam di Ora Beach Resort, biaya yang harus dikeluarkan dihitung secara per orang tidak per kamar. Dengan kisaran harga antara Rp1.000.000 – Rp1.500.000 per hari dan sudah termasuk biaya transportasi dari Pelabuhan Tulehu dan biaya makan 3 kali sehari. Namun, harga tersebut bisa saja berubah sesuai musim.

Terus Transportasinya menuju pantai Ora Bagaimana?

Untuk bisa sampai Pantai Ora, kamu harus terlebih dahulu ke Pelabuhan Tulehu dari Bandara Patimura Ambon. Untuk bisa sampai ke Pelabuhan Tulehu, kamu bisa menggunakan taksi atau angkutan umum dengan waktu tempuh sekitar satu jam perjalanan.

Nah, dari Pelabuhan Tulehu, lanjutkan perjalananmu menuju Pelabuhan Amahi (Maluku Tengah), bisa menggunakan kapal cepat dengan tarif Rp92.000 untuk kelas ekonomi dan Rp150.000 untuk kelas VIP. Dengan waktu tempun sekitar 2 jam perjalanan. Setelah sampai di pelabuhan Amahi, lanjutkan lagi perjalananmu menuju Desa Sawai. Untuk bisa sampai ke Desa Sawai cukup menggunakan angkutan umum saja dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan. Kemudian dari Desa Sawai kamu bisa langsung ke Pantai Ora menggunakan kapal motor dengan waktu tempuh sekitar 10 menit.

Adapun alternatif lain untuk menuju pantai Ora yaitu menggunakan kendaraan pribadi atau mobil rental. Dengan mobil ini kamu bisa langsung meluncur dari Bandara Patimura Ambon ke Desa Sawai. Dengan mobil ini juga kamu akan dibawa melewati Kab. Seram dan Kab. Maluku Tengah, dengan waktu tempuh sekitar 1 hari 1 malam perjalanan.

Nah, sekarang hal-hal asik yang bisa kamu lakukan di Pantai Ora

1. Segarkan Tubuhmu dengan Diving dan Snorkling

Kurang lengkap rasanya kalau ke pantai Ora tapi belum merasakan sensai snorkeling ataupun diving. Tadi sudah dijelaskan di atas kalau pantai Ora ini memiliki pesona bawah laut yang luar biasa indahnya dengan warna air laut yang biru nan jernih, jadi sangat disayangkan kalau kamu melewatkan aktifitas diving dan snorkeling ini.

Untuk bisa menapatkan view bawah laut yang menewan kamu tidak harus menyelam terlalu dalam, sebab di kedalaman sekitar 2-3 meter saja kamu sudah bisa menyaksikan keindahan biota laut yang beraneka ragam. Kamu juga bisa menyapa dan berfoto selfie dengan ribuan ikan-ikan hias yang berenang kesana-kemari yang membuat mereka tampak sangat lucu nan menggemaskan. Oh iya, buat kamu yang mau snorkeling atau diving sebaiknya jangan dilakukan diperairan dangkal. Kenapa? hal tersebut dilakukan untuk melindungi koral dan terumbung karang yang ada di perairan dangkal agar tidak rusak karena terinjak-injak.

2. Bermain Cano

Bermain cano disekitaran resort merupakan hal yang sangat mengasyikkan. Berdua dengan pasangan berlatih mengayuh berdua kehidupan untuk masa depan yang lebih indah pastinya. #tsahh

3. Melihat Burung Lusiala di Desa Saleman

Burung ini bagi desa Saleman sangatlah unik dan keramat. Dengan muka burung namun ekor berbentuk kelewawar. Salah satu Mitos disini mengatakan tidak semua tamu dapat melihat kepulangan burung ini disore hari. Hanya orang yang baik yang bisa..

4. Hal Mengasikan Berikutnya, Menyusuri Taman Nasional Manusela
Taman perbukitan yang menjadi latar belakang pemandangan di Ora Beach resort ini benar-benar memiliki view yang asri nan mendamaikan hati. Jika sudah puas dengan aktifitas snorkeling atau diving, kamu bisa melakukan aktifitas lain dengan menyusuri Taman Nasional Manusela. Untuk menyusuri taman perbukitan ini paling asik adalah dilakukan saat pagi hari.

5. Dari Taman Nasional Manusela, Lanjutkan Penjelajahanmu dengan Mengunjungi Wisata Mangrove di Negeri Sawai.

Sudah puas menikmati keindahan pantai? Yuk kunjungi wisata mangorove di Dusun Masihulan, negeri Sawai. Di tempat tersebut kamu bisa menyaksikan hutan hijau yang masih sangat asri nan alami. Hal menarik lainnya ketika kamu berada di tempat ini yaitu kamu bisa menambaah wawasanmu tentang dunia satwa dengan mengunjungi pusat rehabilitasi & pendidikan satwa. Buat kamu yang tertartik dengan wisata air terjun dan goa, kamu juga bisa menyaksikan di tempat ini. jika tubuh sudah terlalu lelah, kamu bisa langsung beristirahat di sebuah pondok yang sengaja dibangun oleh warga untuk para wisatawan yang ingin beristirahat.

6. Melintasi Sungai Salawai Bisa Menjadi Penutup Kegiatan Jalan-jalanmu di Pantai Ora

Ya, menyusuri sungai Salawai bisa juga nih jadi penutup kegiatan jalan-jalanmu di pantai Ora. Selama perjalanan, kamu bukan hanya disuguhi oleh kejernihan sungai Selawai-nya saja, tapi juga bisa menyaksikan proses pembuatan sagu. Nah, sesampainya di muara sungai Teluk Sulaiman, kamu bisa menyaksikan burung-burung cantik yang beraneka ragam. Percaya deh pasti menyenangkan.

Pantai Ora memang salah satu surga Indonesia di begitu memesona. Ya, meskipun perjalanan yang ditempuh cukup melelahkan bahkan mungkin sangat melelahkan, tetapi semua terbayarkan setelah kamu melihat view pantai Ora dan sekitarnya yang begitu menawan bak surga dunia.

Btw, buat kamu yang mau berkunjung ke sini, jangan buang sampah sembarangan lho ya. Tetaplah jaga kebersihan dan kelestarian alam sekitar. Dan, selamat jalan-jalan. Selamat bersenang-senang.

Bagi yang tidak ingin repot bisa langsung hubungi www.TukangJalan.com

Leave a Reply