Tentang Banggai Laut yang Memesona dan Hal-hal Menyenangkan yang Bisa Kamu Lakukan Di Dalamnya

banggai lau |tukangjalan
sumber :detik.com

Banggai Laut merupakan kabupaten baru di Sulawesi Tengah, sebelum dimekarkan tanggal 14 Desember 2014, Banggai Laut adalah bagian dari Kabupaten Banggai. Banggai Laut memeiliki luas 725,67 kmĀ², yang diianugrahi pulau-pulau kece di dalamnya.


Dengan pesona obyek wisata baharinya yang mampu memikat hati, Banggai Laut sangat layak bila disejejerkan dengan beberpa pulau sekelas Raja Ampat ataupun Wakatobi. Pasir putihnya yang bersih, pesona bawah lautnya yang begitu eksotis, dan pemandangan sekitar yang begitu epic menjadikan Banggai Laut ini patut sekali untuk terus dikembangkan, bukan hanya dilingkup Indonesia tapi juga mancanegara. Bukan hanya memiliki potensi wisata bahari tapi juga sangat berpotensi sebagai ekowisata, yaitu perjalanan wisata ke daerah-daerah terpencil yang bertujuan untuk mempelajari alam, budaya, sejarah dan juga membantu ekonomi masyarakat lokal.
Dikalangan para wisatawan, obyek wisata Banggai Laut mungkin masih belum populer. Tapi siapa sangka, ternyata keindahannya mampu membius siapa saja yang menginjakan kaki di dalamnya. Seperti apa sich emangnya keindahan yang disuguhkan Kabupaten Banggai Laut ini?
Ada beberapa wisata cantik di Banggai Laut ini, dua diantaranya adalah Pulau Bandang dan Pulau Bongo. Pulau Bongo ini memiliki pasir putih yang luar biasa cantik yang mampu membuat siapa saja terhipnotis. Baiklah, tak usah lama-lamaa, mari sekarang kita berkenalan lebih jauh dengan obyek wisata Banggai Laut di Sulawesi Tengah ini.

Kamu Butuh Tempat untuk Melarikan Diri? Coba Datang Saja ke Banggai Laut.

Banggai Laut. Tempat tersembunyi yang memiliki pesona begitu mendamaikan hati, khususnya buat kamu yang tengah dilanda letih ataupun patah hati. Saat pertama menginjakan kaki di dalamnya, kamu akan disapa susana asri nan menyegarkan. Suara debur ombak semacam backsound alami yang mampi menenangkan hati dan pikiran. Susananya yang juga sepi membuat pulau ini bak pulau pribadi. Sangat tepat bila kamu memilih Banggai Laut menjadi obyek untuk melarikan diri atau menenangkan pikiran dan hati.
Kadang, susana alam bebas, suara angin yang berhembus, gesekan dedaunan, atau suara ombak yang menampar tebing di tepi pantai sangat ampuh mengobati pikiran dan hati yang sedang kacau. Itulah mengapa, kawasan pantai atau sejumlah wsiata alam sangat dianjurkan untuk mereka yang sedang krisis kedamaian. So, Kamu Butuh Tempat untuk Melarikan Diri? Coba Datang Saja ke Banggai Laut.

Bagaimana Fasilitas yang ada di Banggai Laut?

Sudah disebutkan diatas bahwa Banggai Laut memiliki sejumlah obyek wisata yang cantik dan memanjakan mata, terutama dibidang wisata bahari. Ya, memang potensi wisata bahari disini sangat menjanjika sekali, tapi sayangnya fasilitas disini belum terlalu memadai, kurangnya sarana dan prasarana seperti tempat ibadah, tempat sampah, kamar mandi, toilet, tempat menginap seperti hotel, serta beberapa fasilitas hiburan lainnya seperti alat selam, banana boat, speed boat dan lainnya sebagainya. Bahkan ada beberapa fasilitas yang dirusak oleh pengungung. Ah, sangat disayangkan sekali. Tapi setidaknya masih ada beberapa warung kecil buat kamu yang ingin jajan atau lapar.
Nah, buat para wisatawan yang ingin menginap karena minimnya tempat menginap seperti hotel, para wisatawan bisa menginap di rumah warga. Buat kamu yang pecinta alam, kamu bisa mendirikan tenda di area pantai jika ingin menginap, dengan catatan tenda bawa sendiri dari rumah, sebab penyewaan alat campaing belum tersedia disini.

Lalu, bagaimana nih akses menuju ke Banggai Laut?

Buat kamu yang ingin liburan ke Banggai Laut, karena lokasinya yang cukup tersembunyi agak sedikit kesusahan juga untuk bisa sampai ke lokasi. Tapi meski begitu, tenang saja, karena keindahan yang menanti kamu disana siap membayar rasa letih kamu dalam menempuh perjalanan yang cukup melelahkan.
Oke langsung saja, untuk bisa sampai ke pulau Banggai Laut, kamu bisa naik pesawat dari tempat asalmu tujuan Bandar Aminudin Amir Luwuk Makasar, harga tiket sekitar Rp1.150.000-Rp 1.600.000. sesampainya di Luwuk Makasar, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Banggai. Nah, dari Banggai, kamu bila langsung melanjutkan lagi perjalanan kamu menuju Banggai Laut menggunakan jalur laut. Sesampainya di Banggai Laut, kamu bisa memilih destinasi wisata mana saja yang ingin kamu sambangi. Semua obyek wisata disini sangat cantik-cantik. Untuk memudahkan perjalanan kamu sesampainya di Banggai Laut, kamu bisa menyewa angkutan pribadi.
Buat yang tidak terlalu suka naik pesawat, bisa juga melalui jalur laut, harga tiket sekitar 1jutaan. Keberadaan kapal laut ini tidak setiap hari ada, sering-seringlah mencari info jadwal pemberangkatan kapal biat nantinya tidak menyesal. Dan yang pelu dicatat lagi, waktu tempuh perjalanan juga akan semakin lama dibanding dengan waktu tempuh menggunakan pesawat udara. Jika kamu lebih tertarik menggunakan kapal laut, sebaiknya pilihlah saat musim kemarau antara bulan maret-desember. Kenapa? sebab, air laut saat musim hujan sangat membahayakan dan mengkhawatirkan untuk melakukan penyebrangan.

Berikut hal-hal menyenangkan yang bisa kamu lakukan di Banggai Laut.

1. Suka Snorkeling? Atau suka surfing? Pantai Bongo nih jawabannya.
Sudah tidak diragukan lagi, kabupaten Banggai Laut kaya akan pantai-pantainya yang menawan. Salah satunya adalah pantai Bongo. Perlu kamu tahu, Pantai Bongo ini merupakan surga bagi para pecinta olahraga air. So, kamu suka snorkeling, diving, dan surfing? Kesemua kegiatan tersebut bisa kamu lakukan dalam satu waktu cukup dengan mendatangi pulau Bongo.
Pantai Bongo memiliki volume ombak yang cukup menantang buat para wisatawan yang suka akan olahraga surfing. Bukan hanya memiliki ombak yang cocok buat surfing, tapi pantai Bongo juga memiliki pesona bawah laut yang aduhai banget indahnya. Itulah mengapa obyek wiata yang satu ini juga pilihan tepat buat kamu yang mencintai olahraga snorkeling dan diving.
2. Puas Snorkeling dan surfing, yuk kenalan sama si imut cardinal fish.
Ada yang tau apa itu cardinal fish? Cardinal fish ini nama ilmiah dari ikan bulu babi. Ya, kamu bisa menjumpai dan berkenalan dengan cardinal fish di sejumlah pantai Banggai Laut. Karakter air lautnya yang jernih dan bening membuat kamu bisa menyaksikan kemolekan bawah laut yang berisi aneka macam biota laut cukup dengan mata telanjang. Tapi perlu dicatat, jangan sampai kamu merusak habitat mereka, jangan menginjak karang. Kamu boleh berfoto, tapi tetaplah jaga kehidupan, kelestarian dan keindahan alam bawah lautnya yang sudah sebelumnya sudah terjaga dan hidup dengan baik.
3. Jangan sampai melewatkan sunset di Pantai Pasir Putih.
Siapa yang nggak terpesona dengan pesona sunset coba? Semua pasti menyukai pesonanya. Sinar kuning keemasannya itu lho, semacam bius yang mampu meluruhkan segala resah dalam dada. Rasanya sangat disayangkan bila melewatkan sunset disini. Duduklah cantik ditepian pantai, nikmati suara debur ombak, hembusan angin, gesekan dedaunan, dan tentunya pesona sunset yang akan menambah keeksotisan sore di pantai Pasir Putih -Banggai Laut.
Keindahan semacam ini, tentu jangan sampai kamu lupa untuk mengabadikannya dengan kameramu. Abadikan moment-moment syahdu nan menyenangkan semacam ini, agar kelak kamu bisa kembali mengenang keberadaanmu saat berada di Banggai Laut.
4. Jangan asik maenan air aja, yuk akrabi juga adat-istiadatnya.
Ya, selain kaya akan pantai-pantainya, Banggai Laut juga memiliki Adat-istiadat yang patut kamu akrabi juga. Kentalnya adat-istiadat disini, membuat pemerintah setempat beresemangat juga untuk mengembangkannya menjadi obyek wisata. Seperti peninggalan-peninggalan kerajaan berupa rumah-rumah keraton, musik-musik daerah, beberapa peninggalan lainnya yang masih terjaga dengan baik.
Berkunjung ke Banggai Laut bukan cuma bahagia dan mendamaikan jiwa, tapi juga menambah wawasan tentang sejarah ataupun adat istiadat yang ada di Indonesia, terutama adat istiadat di kawasan Banggai Laut.
Nah, bagaimana? Tertarik untuk berkunjung ke Banggai Laut? Jika biaya yang membuatmu tidak bisa menyambanginya, kamu bisa mulai menabung dari sekarang. Percaya deh, tempat ini layak sekali masuk dalam list destinasi travelingmu. Banggai Laut bukan Cuma sekedar destinasi obyek wisata saja, tapi juga memberikan pengalaman luar biasa jika kamu behasil menginjakan kaki di dalamnya.
Oke deh, demikianlah infromasi mengenai Banggai Laut dan beberapa hal menyenangkan yang bisa kamu lakukan saat tiba di Banggai Laut. Semoga bermanfaat. Dan selamat jalan-jalan. Tetap jaga kebersihan.

Leave a Reply