Pulau Peucang, Surga Tropis di Ujung Kulon

Taman nasional yang berada di ujung barat Pulau Jawa ini tak hanya menyimpan keberagaman fauna, tapi juga keindahan alam berupa hutan lindung, pantai pasir putih, dan pulau yang alami.

Salah satu pulau yang paling terkenal dan menjadi destinasi favorit wisatawan di kawasan Ujung Kulon adalah Pulau Peucang. Pulau ini berada di Selat Panaitan, Pandegelang, Provinsi Banten.

Pulau Peucang memiliki karakter pantai yang landai, pasir putih, dan air laut yang masih sangat jernih. Suasana di pulau seluas 450 hektar ini juga relatif sepi sehingga wisatawan bisa menikmati suasana alami di tempat ini.

Meskipun terkesan masih sepi dan alami, namun Pulau Peucang memiliki sejumlah fasilitas pendukung bagi wisatawan domestik maupun mancanegara, seperti penginapan, pusat informasi, dermaga, dan lain sebagainya.

Nama peucang sendiri berasal dari nama sejenis siput yang banyak ditemukan di pantai pulau ini. Penduduk setempat biasa menyebutnya “mata peucang”. Pendapat lain, nama peucang berasal dari bahasa Sunda yang berarti kancil. Satwa ini memang banyak terdapat di pulau.

Obyek wisata alam yang dapat dinikmati di pulau ini antara lain treking ke Karang Copong, berenang, snorkeling dan menyelam. Menikmati suasana alam liar di Padang Cidaon dengan menyewa perahu kecil juga menjadi alternatif kegiatan di pulau ini.

Tak jauh dari Pulau Peucang terdapat Pulau Panaitan dan Pulau Handeuleum yang juga termasuk dalam wilayah kawasan Taman Nasional Ujung Kulon. Wisatawan biasanya juga berkunjung ke dua pulau ini selain menikmati Pulau Peucang.