golden sunrise sikunir dieng

Panorama Telor Ceplok Raksasa Dari Ketinggian Bukit Sikunir Dieng

Anda ingin liburan hemat dan berkesan? Bukit Sikunir Dieng bisa menjadi jawabannya. Bukit Sikunir Dieng berada pada deretan gunung berapi di gunung Sindoro.

Nah, Gunung Sindoro atau Sindara adalah gunung dengan ketinggian sekitar 3.150 m di atas permukaan laut. Gunung ini berlokasi di dekat kota Temanggung Jawa Tengah dan tergolong sebagai gunung volcano yang masih aktif. Gunung Sindara ini memiliki lokasi yang berdampingan dengan Gunung Sumbing. Dan spot inilah yang membuat bukit Sikunir Dieng begitu nampak memesona.
Bukit yang berlokasi di Desa Sembungan dengan jarak 2 kilometer dari obyek wisata Dataran Tinggi Dieng bisa dibilang cantik. Kenapa cantik? Selain pemandangan yang masih natural, disini anda bisa melihat eksotisnya telor ceplok raksasa dilangit Dieng, atau bahasa lainnya sunrise dan sunset. Tidak hanya itu, kemudahan aksesnya juga sangat mendukung kawasan ini sebagai kawasan wisata yang wajib dikunjungi.

Pesona Telor Ceplok Raksasa di Langit Bukit Sikunir Dieng

Untuk seorang yang menggemari liburan hemat, bukit Sikunir Dieng bisa menjadi salah satu tujuannya. Dengan panorama yang masih asri ditambah suasana yang nyaman dan tenang membuatnya begitu digemari tidak hanya remaja namun hingga orang dewasa.
Selain itu, kemudahan akses dan tracking-nya pun begitu mendukung. Bukit ini juga cukup mudah didaki sehingga bisa menjadi alternative bagi mereka yang ingin melihat panorama sunrise dari puncak tanpa membutuhkan waktu lama dan mengeluarkan terlalu banyak tenaga untuk memanjat gunung yang tinggi.
Pada sebelah selatan gunung anda bisa menikmati keindahan jurang dan kawah yang paling besar yang disebut Kembang. Pada puncak gunung berapi terdapat kubah lava kecil. Selain itu pada pagi hari di Bukit Sikunir Dieng anda bisa mendapati panorama telur ceplok raksasa yang menyingsing indah. Panorama sunrise tersebut terdapat di desa paling tinggi di pulau jawa tersebut. Tidak tanggung-tanggung secara tidak langsung anda telah mengunjungi spot terbaik di dunia.
Waktu paling tepat untuk menikmati panorama sunrise Bukit Sikunir Dieng adalah ketika bulan Juli hingga Agustus atau saat musim kemarau karena hujan jarang turun dan langit sangat cerah. Nah, untuk mendapatkan spot sunrise maka paling tidak anda harus mendaki jalan setapak selama 30 hingga 45 menit pada waktu subuh. Perjalanan anda dijamin terbayar setelah melihat keindahan sunrise di Sikunir. Bayangkan ketika kita terengah-engah keletihan kemudian di depan mata kita disuguhkan salah satu pemandangan yang luar biasa indah yaitu golden sunrise. Taukan golden sunrise itu apa? Golden sunrise adalah suatu keadaan dimana matahari sedang timbul di sisi timur yang menciptakan efek berwarna kuning kemerahan yang luarbiasa indah. Tidak seumua sunrise itu meciptakan golden sunrise. Yang pasti intinya keren banget.. ;D

sunrise-di-bukit-sikunir

Panorama kawasan Bukit Sikunir Dieng yang Menghipnotis

Sikunir memang tidak sepopuler Gunung Bromo di Tengger atau Gunung Merapi di Yogyakarta. Namun di Bukit Sikunir Dieng ini anda bisa menikmati sunrise dengan view terbaik di Dieng. Gunung ini mengelilingi dataran Dieng dengan ketinggian sekitar 2.300 m di atas permukaan laut.
Untuk menuju Bukit Sikunir Dieng anda harus mengawali start dari jam 3 pagi dengan waktu 45 menit dari parkiran kendaraan, Ketika anda sampai di puncak Sikunir anda harus siap-siap untuk terhipnotis oleh panorama keindahan yang mengelilingi gunung. Bahkan Gunung Sumbing, Sindoro, Merbabu, Ungaran, Merapi akan terlihat dengan jelas dari Sikunir. Sekedar info, jarang sekali di suatu destinasi wisata kita bisa melihat berjejer langsung 5 gunung. Sungguh luar biasa sekali.

wisata sikunir dieng

Semakin pagi kabut akan semakin hilang dan Gunung Sindoro dan Danau Cebong bisa terlihat dengan detail yang akan membuat para pendaki dan fotografer berdecak kagum. Pada bagian bawah bukit Sikunir anda bisa melihat sebuah danau kecil yakni danau Cebong. Konon bentuk danau ini menyerupai kecebong dan konon dahulu danau ini banyak dihuni oleh kecebong lucu. Perjalanan anda yang jauh akan terbayar dengan lunas oleh panorama Bukit Sikunir Dieng yang elok.
Ketika mendaki anda merasakan nafas tersengal cobalah mengatur pernapasan dengan menghirup udara dari hidung dan mengeluarkannya lewat mulut. Karena bukit Sikunir Dieng memang memiliki kadar oksigen tipis karena lokasinya yang tinggi. Namun ini jelas tidak akan menghalangi anda untuk berlibur kesini bukan? Apalagi sekarang jarang tempat liburan hemat yang menawarkan spot yang begitu indah dan menenangkan.

wisata bukit sikunir dieng

Akomodasi dan transportasi menuju Bukit Sikunir Dieng

Ketika anda menginap di sekitar Dieng Plateau yakni di Homestay untuk menjangkau Bukit Sikunir Dieng anda bisa menggunakan kendaraan sekitar 15 hingga 20 menit. Anda bisa memarkir kendaraan di parkiran desa Sembungan tepatnya areal Telaga Cebong. Tempat ini merupakan titik permulaan untuk mendaki bukit Sikunir Dieng.
Jika anda dari Dieng anda bisa menempuh jarak 15 menit dengan kendaraan dan setengah jam dengan melewati jalur pendakian. Jangan lupa membawa senter atau alat penerangan lain serta baju hangat sebelum mendaki. Di tempat ini anda akan dikenakan biaya retribusi sekitar Rp 5.000,00. Harga yang cukup murah untuk anda penggila liburan hemat bukan? Dan jangan lupa, bagi anda yang belum pernah mendaki Sikunir, sebaiknya anda menyewa guide karena jalur pendakian yang disisinya banyak jurang dan terjal.

Hal yang harus dipersiapkan sebelum mendaki Bukit Sikunir Dieng

Bagi Anda yang sudah terbiasa mendaki gunung, Bukit Sikunir Dieng bukanlah sesuatu yang berat. Tapi bagi Anda yang belum pernah mendaki, merupakan suatu tantangan tersendiri. Berikut beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum mendaki Bukit Sikunir
1. Fisik
Dalam persiapan fisik cukup minimal 1 minggu sebelum keberangkatan sudah melakukan exercise seperti lari-lari kecil atau jalan-jalan santai. Dari sini diharapkan kinerja jantung dan otot sudah terbiasa ketika waktu melakukan pendakian sehingga cedera dan hal buruk lainnya sedikit banyak bisa dihindari
2. Mental
Untuk mental, disarankan banyak-banyak membaca tentang pendakian gunung dan lainnya. Ya kalau tidak sempat bisa nonton video pendakian di internet.
3. Obat-obatan
Sedikit banyak memang obat-obatan hukumnya wajib. Yang wajib dibawa bisa obat merah, perban, balsam, obat terkilir. Jangan sampai tinggal sedikit lagi mencapai puncak, kita harus cedera.

Indahnya bukit sikunir dieng

Demikian sedikit cerita tentang bukit sikunir dieng. Bagi Anda yang suka jalan-jalan anti mainstream, bukit Sikunir Dieng ini bisa dijadikan alternative liburan Anda. Selamat mendaki ceriaa..

Leave a Reply