Kisah Cinta Sejati di Balik Menawannya Situ Patenggang Bandung

Situ Patenggang Bandung|tukangjalan

Situ Patenggang Bandung bisa menjadi salah satu destinasi wisata liburan hemat Anda bersama keluarga tercinta. Lokasi wisata yang satu ini memiliki daya tarik wisata alam yang menawan untuk dikunjungi. Situ Patenggang merupakan sebuah danau alami yang terletak di kawasan Ciwidey, Bandung. Situ Patenggang ini menjadi kawasan wisata yang begitu populer dikunjungi di Bandung.


Situ Patenggang Bandung memiliki lokasi yang tinggi dengan ketinggian mencapai 1600 meter di bawah permukaan laut. Situ Patenggang ini berupa danau yang dikelilingi dengan pemandangan indah di sekitarnya yang hijau begitu menyejukkan mata saat memandang keindahan alam di sekitarnya. Danau ini pada awalnya merupakan kawasan cagar alam yang kemudian dirubah menjadi taman wisata alam Situ Patenggang Bandung di tahun 1981.

Sepenggal Kisah Cinta dari Situ Patenggang Bandung

Situ Patenggang Bandung yang terletak di pegunungan dengan diselimuti hijaunya tanaman hijau berupa kebun teh bak karpet hijau yang terbentuk secara alami memberikan liburan hemat Anda semakin menyenangkan. Keadaan udara yang sejuk di sekitar Situ Patenggang membuat para pengunjung yang datang akan merasa nyaman dan begitu tenang.
Situ Patenggang Bandung awal mulanya diambil dari bahasa Sunda yang mana “situ” berarti danau dan Patenggang berarti saling mencari. Hal ini berkaitan erat dengan kisah legenda yang berkembang di masyarakat sekitar danau tersebut. Ada sebuah kisah yang populer tentang dua manusia yang saling mencintai yaitu Ki Santang dan Dewi Rengganis dan terpisah pada waktu yang begitu lama.
Pada akhirnya mereka saling mencari satu sama lain dan bertemu pada satu tempat yang dikenal dengan batu cinta. Situ Patenggang Bandung itulah sebagai bentuk simbol cinta Ki Santang atas permintaan kekasihnya untuk dibuatkan danau beserta perahunya. Berdasarkan kisah rakyat sekitar, perahu yang dibuat itu berubah menjadi sebuah pulau yang kini ada di tengah danau dan diberi nama pulau asmara atau pulau sasaka dengan bentuk hati.
Dengan kisah yang melegenda di masyarakat tersebut membuat Situ Patenggang Bandung semakin menarik dikunjungi. Bukan hanya karena keadaan alamnya yang begitu indah, hijau dan sejuk. Namun juga karena kisah legenda yang menyelimuti kawasan wisata tersebut begitu mengesankan, berupa kisah cinta sejati antara Ki Santang dan Dewi Rengganis.

Sisi Menarik dari Situ Patenggang Bandung

Liburan hemat di Situ Patenggang bisa jadi alternatif destinasi wisata alam menarik di kawasan Bandung untuk Anda dan keluarga. Di Situ Patenggang Bandung ini ada banyak hal yang dapat dilakukan oleh para wisatawanseperti melakukan kegiatan memancing di danau, menaiki perahu angsa berkeliling danau, berkeliling di kebun teh, atau berpiknik dipinggiran danau sambil menikmati udara yang begitu menyejukkan.
Selain itu, ada aktivitas lain yang sering dilakukan oleh banyak pengunjung yang datang ke Situ Patenggang Bandung dengan melakukan kegiatan menarik lainnya. Pasangan kekasih kerap melakukan kegiatan unik di danau tersebut. konon menurut kisah masyarakat sekitar yang begitu populer bahwa pasangan kekasih yang berkunjung ke batu cinta serta berkeliling di pulau asmara maka akan membuat hubungan pasangan tersebut langgeng.
Kegiatan berkeliling di pulau asmara yang berada di tengah Situ Patenggang Bandung ini dapat dilakukan dengan melakukan sewa perahu. Anda akan dapat melihat begitu rindangnya pepohonan yang ada di pulau asmara tersebut. jadi untuk Anda yang ingin liburan hemat maka Situ Patenggang bisa jadi pilihan tepat bersama keluarga atau pasangan.

Leave a Reply