Cara Mengatasi mabuk darat

Buat Kamu yang Sering Mabuk Darat, Berikut Penyebabnya dan Cara Mengatasinya

Ada yang suka mabuk darat engga nih kalau bepergian? Kamu suka bertanya-tanya enggak kenapa kalau bepergian perut suka mual atau serasa pingin muntah? Nah, buat kamu yang bingung dan bertanya-tanya apa penyebab mabuk darat. Berikut ini ulasannya.

Dr. Dean Burnett yang merupakan seorang ahli saraf menuturkan, ternyata penyebabnya dari mabuk darat yaitu timbul dari diri kita sendiri, maksudnya otak kamu tersugesti kalau kamu sedang keracunan. Dalam buku Idiot Brain: what your head is really up to mengungkapkan bahwa tubuh harus muntah untuk mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh.

Bepergian dengan menggunakan mobil juga bisa menjadikan otak kebingungan karena terlalu banyaknya sinyal dari tubuh. Walaupun otot-otot dalam tubuh tidak terlalu banyak bergerak, akan tetapi mata memberikan sinyal pada otak bahwa kamu sedang bergerak. Sementara cairan yang ada dalam telinga yang bermanfaat mendeteksi keseimbangan tubuh akan bergerak ke seluruh tubuh untuk agar segera melakukan perubahan gerak tubuh.

Burnett kembali menuturkan, otak akan tersugesti bahwa tubuh sedang mengalami keracunan. Dan utama saat tubuh keracunan adalah dengan memuntahkannya.

Karena hal tersebut, dampaknya tubuh menjadi terasa mual dikarenakan otak kita cemas mendapati tubuh kita sedang mengalami keracunan. Nah, biasanya ketika kita sedang berada  dalam mobil kita akan mengalihkan perhatian kita dengan memandang keluar jendela. Padahal hal tersebut sebenarnya justru membuat otak kita semakin merasa khawatir dan semakin merasa bahwa tubuh kita benar-benar sedang keracunan.

Namun, sampai saat ini belum ada penjelasan yang benar-benar akurat mengapa sejumlah orang bisa menderita mabuk darat begitu parah sedangkan yang lainnya baik-baik saja.

Burnett juga menuturkan, ada penyebab lainnya kenapa otak menjadi kebingungan dan mual-mual yaitu dikarenakan tubuh belum terbiasa dan belum mampu beradaptasi dengan lingkungan baru, misalnya: makan terlalu banyak dan jet-lag. Menurut Burnett, mabuk darat yang seperti ini dikarenakan otak sedang mengalami kebingungan untuk merespon ketika kita melakukan perjalanan ke zona waktu berbeda.

Btw, jet lag itu apa sih?

Jet lag dikenal juga dengan sebutan mabuk pasca terbang, atau secara medis disebut juga dengan desinkronosis yaitu sebuah kondisi fisiologis pada tubuh yang diakibatkan gangguan pada ritme sirkadian tubuh.

Nah, emang apa sih pnyebabkan seseorang bisa mengalami jet lag?

Seperti yang kita tahu, dunia kan terbagi ke dalam 24 zona waktu berbeda-beda. Dan, tubuh kita tentunya secara alami sudah terbiasa mengontrol tidur ritme sirkadian dalam waktu 24 jam di mana ritme sirkadian akan mengalami gangguan ketika melewati zona waktu yang berbeda.

Ritme sirkadian yang berbeda akan berpengaruh ke pola tidur dan bangun kita. Bukan hanya itu,  ritme sirkadian yang bebeda juga bepengaruh terhadap tekanan darah, temperatur tubuh, sistem pencernaan, nafsu makan, dan produksi urin.

Cara Mengatasi mabuk darat

Lalu, cara mengatasi  jet lag gimana dong?

  1. Cobalah terbiasa dengan rutinitas yang baru yang sesuai dengan zona waktu yang baru, seperti: makan, tidur, mandi, dan lain-lain.
  2. Hindarilah tidur sesaat setelah tiba di zona waktu yang berbeda, mekipun badan terasa sangat lelah setelah bepergian atau melakukan perjalanan.
  3. Cobalah untuk menghabiskan waktu di luar ruangan agar tubuh bisa mendapatkan cahaya matahari. Cahaya matahari mampu membantu tubuh untuk beradaptasi.

Jadi, intinya kalau kamu merasa mual saat berpegian menggunakan kendaraan, sebaiknya sugestilah diri bahwa mungkin kalau kamu naik bus dan pengen muntah, terus beri sugesti bahwa kita baik-baik saja. Atau, bisa dengan tidur ataupun mendengarkan lagu-lagu.

Leave a Reply